• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Karhutla, Bupati Inhil: Tingkatkan Kewaspadaan Karhutla

    Redaksi
    , April 02, 2022 WIB Last Updated 2022-04-02T10:31:30Z



    NARASIRIAU.COM, TEMBILAHAN,- Bupati Inhil, HM Wardan Pimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana. kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2022 yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati, kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (2/4/22).


    Apel siaga penanggulangan karhutla diikuti oleh TNI, Polri, BPBD Kab.Inhil, Satpol PP, Dinas perhubungan, UPT Dinas kehutanan, Basarnas serta Unsur forkopimda.


    Dalam amanatnya, Bupati Inhil Wardan menyampaikan bahwa apel digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana karhutla yang rawan terjadi khususnya di wilayah Inhil ini.


    "Dampak karhutla ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Inhil, namun juga di kabupaten lain, provinsi lain," ungkapnya.


    Selain kabut asap yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan masyarakat, karhutla juga berdampak menimbulkan kerugian ekonomi.


    "Untuk itu perlu adanya langkah pencegahan secara nyata dalam bentuk kesiagaan Satgas Karhutla dengan menyiagakan personel, sarana dan prasarana untuk mengatasi bencana karhutla di wilayah Inhil ini," terangnya.


    Apel kesiagaan ini diharapkan diikuti kesiapan personel berikut sarana dan prasarana pendukung dalam penanggulangan karhutla yang siap untuk diterjunkan ke lapangan jika terjadi musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


    "Pemantauan karhutla harus diintensifkan antara TNP, Polri dan instansi terkait serta pemangku kepentingan lainnya dan bertindak sebagai leading sektor adalah BNPB Inhil," jelas Bupati Inhil.


    Dikatakannya, peralatan dan sarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing instansi dalam penanggulangan masih sangat terbatas.


    "Untuk itu perlu tingkatkan partisipasi, kerjasama dan kordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan di satuan penanggulangan sesuai dengan tanggungjawabnya jika sewaktu-waktu bencana karhutla terjadi," imbau Bupati Wardan.


    Usai apel, Bupati Inhil bersama Wakapolres Inhil dan Pasiops Kodim 0314/Inhil berkesempatan mengecek kesiapan personel serta peralatan pemadam kebakaran dari Unsur, Polres Inhil, kodim 0314/Inhil, BNPB Inhil, RAPI, serta dari Dinas Perhubungan yang turut dihadirkan pada kegiatan ini. 



    Reporter: Ade Prasetya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +