• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tatalaksana Program ISPA Bagi Petugas Puskesmas Se-Kabupaten Inhil

    , Agustus 02, 2023 WIB Last Updated 2023-08-02T10:54:49Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) Gelar Pertemuan Tatalaksana Program ISPA Bagi Petugas Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hilir, Berlangsung di Aula Hotel Harmoni Tembilahan, Rabu (02/08/2023) Siang.

    Peserta meliputi perwakilan pengelola program ISPA atau petugas puskesmas se-kabupaten Inhil, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil.

    Sekertaris Dinkes Inhil, Mashudi, S.T membuka Kegiatan pertemuan tatalaksana program ISPA bagi petugas puskesmas Se-Kabupaten Inhil, dalam sambutannya mengatakan Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) adalah Penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus.

    " Seperti kita ketahui , ISPA sampai saat ini masih merupakan penyakit yang berpotensi menyebabkan angka kesakitan dan kematian yang tinggi pada bayi atau balita didunia maupun di indonesia, Pneumonia sendiri merupakan salah satu penyakit infeksi yang mengenai saluran pernafasan dengan tanda dan gejala sepert batuk dan sesak nafas yang disebabkan oleh agen infeksi seperti virus, bakteri yang mengenai jaringan (paru-paru) tepatnya di alvioli yang disebabkan oleh mikroorganisme (Kemenkes RI.2019)," ujarnya

    Berdasarkan data WHO bahwa pneumonia merupakan penyebab 15% kematian Balita di dunia, di indonesia diurutkan ketujuh dengan dengan total 20.084 orang kematian.

    Diketahui juga di Kabupaten Inhil terdapat 30 Puskesmas, Pada tahun 2021 kasus Ispa dengan pneumonia anak ≤1 tahun sampai 5 tahun sebanyak 48 orang. Sedangkan batuk bukan pneumonia ≤1 tahun sampai 5 tahun 6.489 orang, kemudian dengan Ispa ≥5 tahun peumonia terdapat 73 orang, batuk bukan pneumonia terdapat 12.489 orang, Pada tahun 2022 kasus Ispa dengan pneumonia anak ≤1 tahun sampai 5 tahun sebanyak 49 orang. Sedangkan batuk bukan pneumonia anak ≤1 tahun sampai 5 tahun 9.191 orang, kemudian dengan Ispa ≥5 tahun peumonia terdapat 103 orang, batuk bukan pneumonia terdapat 15.069 orang.

    " Maka dari itu untuk mempermudah dan meningkatkan pencatatan dan pelaporan Ispa maka dibuat sebuah sistem pencatatan dan pelaporan berupa sistem offline dengan menugunakan Sofware yang akan memberikan hasil analisis yang lebih spesifik dan tepat serta kewaspadaan di dalam peningkatan kasus di daerah,"ujar

    Adapun tujuan dari pertemuan tatalaksana program ISPA bagi petugas puskesmas se-Kabupaten Inhil ini diharapkan Meningkatkan kompetensi Pengelolah Program Ispa dalam Tatalaksana Program Ispa pneumonia, Meningkatkan kompetensi pengelolah Program Ispa dalam pencatatan dan pelaporan program Ispa Pneumonia, serta petugas dapat melaporkan laporannya tanggal 5 setiap bulannya.






    Reporter: Ade Prasetya 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +