• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit TB di Inhil, Dinkes Gelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Analis Puskesmas dan RSUD

    , Agustus 15, 2023 WIB Last Updated 2023-08-15T01:44:22Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Laksanakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Analis Puskesmas dan RSUD Program Tuberkulosis di Kabupaten Inhil Tahun 2023, berlangsung di aula hotel Harmoni Tembilahan, Senin (14/08/2023).

    Dibuka secara resmi oleh kepala dinas kesehatan kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri SKM MKI, yang diwakili Sekertaris Dinkes Inhil, Mashudi, S.T dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi upaya pencegahan dan pengendalian penyakit TB di Kabupaten Inhil.

    " Kita ketahui penemuan kasus TB di Kab. Inhil tahun 2022 sebesar 32,65% atau sebesar 933 orang dari target 2857 orang, sedangkan tahun 2023 (Januari-Agustus) sebesar 22,6% atau sebesar 568 orang dari target 2513 orang," ujarnya

    Adapun dalam keberhasilan pengobatan pada pasien TB pada tahun 2022 lebih banyak pengobatan lengkap dari pada sembuh yaitu 745 orang (80,66%). Data TB tahun 2023 ini masih ada 437 pasien TB yang belum di evaluasi.

    " Diharapkan dengan data tersebut bisa dilakukan follow up dengan pemeriksaan mikroskopis yaitu BTA, karena pasien yang dinyatakan pengobatan lengkap baru 52 orang, dengan data itu diharapkan untuk tahun ini keberhasilan pengobatan dengan sembuh bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya," ujarnya

    Acara Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tenaga Analis Puskesmas dan RSUD ini dengan harapan tenaga analis dapat melakukan pemeriksaan BTA (Bakteri Tahan Asam) bagi pasien Tuberkulosis, keberhasilan pengobatan yang dinyatakan sembuh lebih banyak dari pada pengobatan lengkap, pelacakan kontak dari kasus mangkir bisa dengan cara melakukan Follow Up pada Pasien TB, melakukan pengiriman uji slide tiap triwulan, dan melakukan pencatatan secara rutin di aplikasi SITB dan ETB 12 secara benar dan tuntas.

    " Dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tenaga Analis Puskesmas dan RSUD Tahun 2023 ini yang telah melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah demi terlaksananya acara ini dengan baik. Kepada seluruh peserta," tutupnya.

    Pertemuan Peningkatan Kapasitas Tenaga Analisis Puskesmas dan RSUD dilaksanakan selama 14 s/d 16 Agustus 2023, dengan peserta pertemuan di ikuti oleh pengelola program imunisasi puskesmas se-Kabupaten Inhil, dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang yakni dari puskesmas 30 orang dan RSUD 3 orang, bersama narasumber dari Dinkes Inhil dan Dinkes Provinsi Riau. (Adv)

    Reporter: Ade Prasetya 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +