• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bersama Dinkes Provinsi Riau, Dinkes Inhil Bersinergi Dalam Pembinaan Pokjanal Posyandu

    , Oktober 12, 2023 WIB Last Updated 2023-10-14T10:56:31Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau (Dinkes Prov. Riau) Melakukan Pertemuan dalam Rangka Fasilitasi dan Pembinaan Kelompok kerja Operasional Posyandu Kabupaten. Bertempat di aula kantor Dinkes Inhil, Rabu (11/10/2023).

    Posyandu merupakan salah satu target dalam pelaksanaan integrasi layanan kesehatan primer dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif serta membantu dalam identifikasi masalah kesehatan di tingkat keluarga melalui kunjungan rumah.


    Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Prov. Riau, yang diwakili Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Riau Rosita mengatakan, peran Posyandu sangat penting dalam upaya-upaya kesehatan masyarakat yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, Kelompok Kerja Opersional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu yang selanjutnya disebut Pokjanal Posyandu adalah Kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.



    "Mari kita bersama-sama menyatukan langkah bersama dalam kelembagaan Pokjanal Posyandu, dan berharap ini dapat memudahkan dan menentukan pelaksanaan pembinaan serta pengembangan posyandu ke depan secara tepat sesuai dengan kondisi dan situasi daerah kita. semoga Pokjanal Posyandu Kabupaten Inhil mampu  dan kepada para kader, tetaplah semangat dan tingkatkan kapasitas diri, agar mampu berbuat lebih dan bermanfaat bagi masyarakat disekitar," ujarnya




    Adapun dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhil melalui Maria Hairani, SKM, Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Inhil, menjelaskan bahwa suksesnya program Posyandu ini tentunya perlu ada dukungan-dukungan diantaranya penguatan terkait kelembagaannya, penguatan terkait dengan SDM nya, dan yang paling penting adalah terkait kader posyandunya. 



    "Mengintegrasikan pelayanan di posyandu bukan merupakan hal yang mudah. Berbagai tantangan tentu akan ditemui dalam pelaksanaannya, olehnya itu perlu adanya kolaborasi oleh semua unsur dalam menyukseskan pelaksanaan posyandu di desa. Pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) merupakan salah satu metode menggandeng semua unsur untuk berkerja bersama-sama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan," tukasnya 



    Beliau sangat mengharapkan dukungan agar bagaimana insentif kader itu bisa lebih ditingkatkan karena kita ketahui kader posyandu merupakan ujung tombak dari suksesnya pelaksanaan posyandu ini.


    Diketahui kegiatan ini dipaparkan materi oleh beberapa narasumber antara lain Kepala Bidang Kesmas Dinkes Prov. Riau, Bappeda Kab. Inhil, Perwakilan dari Dinas PMD Kab. Inhil, dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Prov. Riau. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait Pembinaan Kelompok kerja Operasional Posyandu Kabupaten Indragiri Hilir.



    Reporter: Ade Prasetya 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +