• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertemuan Evaluasi Program Imunisasi dan Bulanan Imunisasi Anak Sekolaha (BIAS)

    , Juni 10, 2024 WIB Last Updated 2024-06-19T10:58:51Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) Laksanakan Pertemuan Pertemuan Evaluasi Program Imunisasi dan Bulanan Imunisasi Anak Sekolaha (BIAS), di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan, (10/06/2024).

    Diketahui Pertemuan Evaluasi Program Imunisasi dan Bulanan Imunisasi Anak Sekolah ini berlangsung selama 10 - 12 Juni 2024.

    Kadinkes Inhil Rahmi Indrasuri, SKM, M.KI yang saat itu diwakilkan mengatakan Program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. 

    "Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks," jelasnya.

    Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

    Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 , 2, 5 dan 6. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT, anak kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi Td, sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi HPV.

    Bagi sasaran yang tidak sekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Imunisasi juga dapat dilaksanakan di pos pelayanan imunisasi pada tempat-tempat dimana anak yang tidak sekolah berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, yayasan/panti asuhan, lembaga kesejahteraan sosial, panti sosial yang dikelola pemerintah maupun masyarakat, sekolah non formal, Balai Pemasyarakatan, dan sebagainya.

    Perubahan paradigma dari imunisasi dasar lengkap menuju imunisasi rutin lengkap menjadikan BIAS sebagai salah satu tolak ukur, dimana seorang anak tidak hanya mendapatkan imunisasi pada saat bayi dan dibawah dua tahun tetapi juga harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah tingkat dasar.

    "Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap yang bertujuan untuk, Meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit Campak, Rubela, Tetanus, dan Difteri. Memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit Kanker leher rahim. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit Campak, Rubela, Tetanus, Difteri dan Kanker leher rahim," tutupnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +