• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Agar Lansia Tetep Sehat dan Aktif, Puskesmas Kuala Lahang Adakan Senam Lansia

    , Juni 29, 2024 WIB Last Updated 2024-07-11T16:33:36Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Berupaya terus memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, Puskesmas Kuala Lahang Ajak Lansia Senam di Area Terbuka, (29/06/2024)

     

    Sudah merupakan hukum alam bahwa setiap manusia akan bertambah umur nya dan fungsi-fungsi tubuh akan berubah sesuai pertambahan umur. Menua itu pasti,tetap sehat,bugar ,produktif dan ceria dimasa senja ,itu yang belum pasti.


    Kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dalam Program Lansia  bertujuan untuk meningkatkan harapan hidup pada umumnya, dengan cara menjaga tubuh dalam keadaan sehat dan aktif membina  kesehatan kebugaran kesegaran jasmani dan rohani salah satunya melalui kegiatan Senam Lansia.


    Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan pada lansia. Aktivitas olah raga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan sehat, karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang ada didalam tubuh. 


    Terdapat berbagai jenis dari senam lansia yaitu senam kebugaran, senam osteoporosis, senam otak, senam diabates mellitus,senam anti stroke dan senam persendian. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam senam lansia , gerakannya bersifat dinamis, bertahap meningkat, adanya pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan, lama latihan berlangsung kurang lebih 15-60 menit, frekuensi latihan minimal 3x/minggu, selalu mempertahankan keselamatan, tidak dianjurkan bila tekanan darah lebih dari 180 mmHg, dan berpenyakit berat.


    Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran Lansia akan pentingnya kesehatan dan ber perilaku CERDIK (Cek kesehatan berkala,Enyah asap rokok,Rajin aktifitas fisik,Diet gizi seimbang,Istirahat cukup,Kelola stress). Lansia yang sehat akan meningkatkan angka harapan hidup di masa senja.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +